• Sat. May 21st, 2022

Jejak Berita

Memberi Inspirasi Untuk Negeri

Sederet Ragam Manfaat Jagung untuk Bayi dan Ide Resep MPASI Sehat

ByHanum

Oct 21, 2021

Memasuki masa perkenalan makanan kepada si kecil memang membuat orang tua harus lebih pandai dengan segala sesuatu yang diperlukan. Karena MPASI bukan waktu anak makan, namun juga membiasakan apapun sejak dini dalam hal makan. Mulai dari jam makan, posisi makan, menu makan sampai dengan kebiasaan lainnya. Jangan sembarang memberi makan si kecil, dimana ketika salah dan disukai anak pasti akan menimbulkan hal buruk kedepan. Seperti kebiasaan memberikan jajan snack dari pada makan utama, anak memang suka tapi itu akan membentuk kebiasaan buruk masa depannya.

Kandungan Nutrisi Jagung

Banyak jenis makanan sehat yang bisa diolah dan diperkenalkan kepada buah hati Anda, salah satunya jagung. Dinilai mempunyai manfaat baik untuk bayi, apakah memang nutrisi didalamnya dalam memenuhi segala kebutuhannya? Ya, perlu Anda pahami jika ada sederet kandungan baik pada 100 gram jagung yaitu karbohidrat 18.7 gram, protein 3.27 gram, lemak 1.35 gram, vitamin C 6.8 gram, vitamin B1 0.1555 miligram, vitamin B3 1.77 miligram, zat besi 0.52 miligram, magnesium 37 miligram, fosfor 89 miligram, seng 0.46 miligram dan kalium 270 miligram. Semua itu diperlukan oleh tubuh untuk membantu mendukung kesehatan.

Manfaat Jagung Untuk Bayi

Setelah melihat beberapa kandungan nutrisi didalam jagung, perlu Anda ketahui mengenai manfaat jagung untuk bayi sendiri seperti:

  1. Dapat meningkatkan berat badan, bisa menjadi menu BB booster yang baik karena kalori cukup tinggi.
  2. Membantu tumbuh kembang si kecil semakin maksimal, apalagi kandungan vitamin B didalamnya yang cukup banyak.
  3. Bagus untuk menjaga kesehatan dari tulang, otot ataupun syarat pada bayi.
  4. Bagus untuk mendukung kesehatan bagian mata dan kulit bayi.

Efek Samping Konsumsi Jagung

Semua jenis makanan yang dikonsumsi secara berlebihan pasti akan memberikan dampak buruk pada kesehatan, begitu pula jagung. Meskipun memiliki sederet nutrisi penting didalamnya namun tetap harus berhati-hati dalam pemberian. Ada beberapa efek samping yang muncul karena konsumsi terlalu banyak seperti adanya alergi, infeksi, diare berlebih atau bisa pula sakit perut terus-terusan. Jadi sebagai orang tua tetap harus paham mana yang paling tepat, seberapa ukuran yang direkomendasikan dan campuran untuk bahan makanan apa saja supaya manfaat jagung semakin dirasakan.

Berbagai Ide Resep MPASI Dari Jagung

Setelah membaca sederet kandungan, manfaat sampai dengan efek samping seperti diatas saatnya untuk intip apa saja resep makanan yang bisa dikonsumsi bayi. Anda bisa perkenalkan dalam berbagai sajian, baik bubur sebagai menu utama atau bisa pula sebagai snack dibuat dengan jagung susu keju atau lainnya. Bila kehabisan ide memasak, berikut ini beberapa diantaranya buat Anda:

1. Puree jagung.

Rebus jagung pada air mendidih, angkat lalu campur dengan susu atau sedikit air mineral lalu blender.

2. Jasuke.

Blender jagung, susu dan telur menjadi satu, setelah itu masukkan pada panci panas dan aduk merata. Tambahkan keju sebagai perasa, aduk sampai dengan mengental dan simpan pada kulkas ketika dingin, bisa sajikan dingin atau panas.

Poin penting dari semua ulasan diatas adalah memperkenalkan makanan pada si kecil tidak bisa sembarangan. Meskipun sudah menggunakan sayur dan buah untuk diperkenalkan, namun pastikan semua itu berkualitas baik. Supaya Anda mendapatkan berbagai sayur dan buah berkualitas bisa langsung belanja saja di TaniHub, dimana mereka hadir sebagai tempat belanja kebutuhan harian secara lebih mudah, murah dan aman selama pandemi. Apalagi banyak promo yang ditawarkan tentu akan membuat pengeluaran belanja sayur lebih hemat, yuk belanja di TaniHub sekarang!